Hampir selama beberapa tahun terakhir saya tidak pernah datang lagi ke sekolah saya di kawasan Jakarta Selatan (sengaja nggak disebutin soalnya takut iklan, he he he,.) ada hal yang bisa dikatakan membuat saya rindu alias kangen, yaitu adik adik saya yang aktif di kegiatan paskibra.
Untuk menghilangkan kerinduan itu saya sengaja googling dengan keyword paskibra, satu demi satu saya cari dan saya buka, hal yang saya kaget adalah ketika saat saya menemukan sebuah blog paskibra dengan nama Brigadista alias brigaspad. Sempet saya berlama-lama disana, baca sana-sini, dan blog inilah yang membuka wawasan saya. wawasan yang saya pegang tentang paskibra selama ini adalah bahwa paskibra ya hanya sekitar berbaris, upacara, PPM, .
Mungkin sedikit berlebihan bila saya katakan inilah wajah baru ekstrakurikuler paskibra. Sebuah pembelajaran menuju pembentukan karakteristik manusia yang begitu lengkap. Silahkan aja kunjungi blog mereka anda pasti menemukan suasana berbeda bagi paskibra (sepertinya yang satu ini hanya bisa dilihat oleh anggota paskibra itu sendiri)